Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Gambar Produk 1
Jasa Desain Kaos, Desain Batik , LOGO dan desain grafis lainya
Email : mastertracer69@gmail.com

Cara Merawat Mata Akibat Dari Radiasi Layar Komputer

cara-merawat-mata-dan-mengurangi-risiko-gangguan-penglihatan-akibat-radiasi-layar-komputer
Cara Merawat Mata Akibat Dari Radiasi Layar Komputer - Mata adalah anugerah dari Allah SWT yang harus di syukuri sehingga bisa melihat keindahan atas segala ciptaan Nya , bagaimana cara mensyukuri nikmat atas kedua mata kita, tentunya dengan menjaga dan merawat mata dengan sebaik-baiknya.

Untuk sebagian orang yang berprofesi sebagai pekerja kantoran atau orang yang kesehariannya bergelut dengan komputer tentu aktivitas selalu melototi / memandang layar komputer. Tahukah Anda, terlalu lama memandang layar komputer bisa mengalami gangguan penglihatan yang mengakibatkan mata lelah, mata berkedut, mata tegang, dan bahkan penurunan produktivitas kerja.  Untuk mengurangi risiko gangguan penglihatan akibat bekerja dengan komputer terlalu lama tentunya sobat perlu wajib tahu langkah-langkah apa saja yang sobat harus lakukan

Berikut adalah langkah-langkah cara mengurangi risiko gangguan penglihatan akibat radiasi layar komputer:

1. Atur posisi tubuh. Aturlah jarak mata dengan layar monitor sejauh 50-60 cm dengan posisi tengah layar berada kira-kira 10-15 derajat di bawah mata. Jika Anda mengetik dari sumber buku atau kopian halaman, taruhlah di samping layar monitor dengan penjepit kertas khusus sehingga pergerakan pandangan mata lebih nyaman.

2. Sesuaikan penerangan. Mata tegang seringkali disebabkan karena pencahayaan ruangan yang berlebihan. Penerangan ruangan yang disarankan untuk menggunakan komputera adalah separuh dari umumnya penerangan di kantor. Jika memungkinkan, pilih lampu yang full spectrum dengan pencahayaan lebih alami sehingga nyaman bagi mata.

3. Ganti Monitor CRT dengan LCD. CRT atau monitor komputer berbentuk tabung menghasilkan gambar berkedip sehingga menjadi faktor utama penyebab mata tegang dan lelah. Ganti monitor CRT dengan monitor LCD berukuran minimal 19 inchi dan beresolusi besar agar lebih nyaman bagi mata.

4. Atur tampilan layar komputer. Brightness disarankan diatur hampir sama terangnya dengan kondisi penerangan ruangan. Pastikan ukurang font memungkinkan teks terbaca dengan mudah dengan setelan contrast seimbang. Kurangi level color temperature komputerhingga mata benar-benar merasa nyaman.

5. Kedip lebih sering. Melihat layar monitor saat asik bekerja seringkali membuat Anda lupa untuk berkedip, sehingga tanpa disadari mata kering dan iritasi. Kedipan mata berfungsi menjaga kelembaban mata. Jadi, berkediplah lebih sering.

6. Lakukan latihan mata 20-20-20. Setiap 20 menit sekali berpalinglah dari monitor komputer dan pandanglah objek lain berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik. Latihan ini dapat membuat otot fokus pada mata lebih santai dan menghindarkan risiko kejang otot mata.

7. Istirahat 4×5 menit. Menurut National Institute of Occupational Safety and Health (NIOSH), pengguna komputer disarankan beristirahat secara berkala sebanyak 4 kali dengan durasi masing-masing 5 menit. Saat istirahat, berdirilah, goyangkan seluruh badan dan lakukan peregangan mulai dari kaki, punggung, lengan hingga leher.

8. Gunakan kacamata khusus komputer. Anda bisa memesannya di optik. Jika Anda memakai contact lens yang rawan menyebabkan mata kering dan tidak nyaman atau memakai kacamata dengan lensa bifocal atau lensa progressif yang tidak optimal bagi jarak mata dan layar monitor.

9. Gunakan tetes mata. Cairan khusus pada obat tetes mata akan membuat mata lebih lembab, segar dan bebas dari mata merah akibat iritasi. Sediakan obat tetes mata di dekat monitor dan gunakan sesuai petunjuk penggunaan.

10. Periksakan mata ke dokter secara berkala. Saran NIOSH, pengguna komputer sebaiknya ke dokter mata minimal 1 tahun sekali. Jelaskan ke dokter berapa intensitas Anda memakai komputer di kantor maupun di rumah.

Demikian tips cara merawat mata dan mengurangi risiko gangguan penglihatan akibat radiasi layar komputer