Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Gambar Produk 1
Jasa Desain Kaos, Desain Batik , LOGO dan desain grafis lainya
Email : mastertracer69@gmail.com

Manfaat Dan Kandungan Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat-dan-kandungan-buah-semangka-bagi-kesehatan-tubuh
Manfaat Dan Kandungan Buah Semangka Bagi Kesehatan Tubuh - Buah semangka adalah buah yang memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua serta daging buahnya yang berair berwarna merah atau kuning. Buah semangka sangat enak dan segar di makan di saat udara terasa sangat panas terik matahari. karena buah semangka banyak mengandung air sehingga bisa menghilangkan rasa haus dahaga . Buah semangka sangat mudah didapat , jika sudah musim panen buah semangka sering di jumpai di pedagang kaki lima di pinggir jalan maupun di pasar tradisional dan pasar modern.

Kandungan nutrisi dalam buah semangka sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti karbohidrat, energi, lemak, serat pangan, gula, protein dan air. Buah semangka juga mengandung banyak vitamin diantaranya betakaroten, tiamin (Vit. B1), riboflavin (Vit. B2), niacin (Vit. B3), vitamin B5, asam pantotenat, vitamin B6, folat, dan vitamin C. Selain itu buah semangka juga mengandung zat mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, magnesium, seng, dan zat besi

Banyak sekali manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh , secara lebih lengkapnya berikut adalah manfaat dan kandungan buah semangka bagi kesehatan tubuh;

1. Lycopene
Mengonsumsi semangka ternyata meningkatkan fungsi jantung, karena semangka mengandung zat lycopene (terlihat dari warna merah pada semangka). Lycopene mampu menghindari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain hal-hal tadi, lycopene juga berperan penting terhadap kekuatan tulang Anda, sehingga resiko osteoporosis dapat dikurangi oleh buah semangka. Hebatnya, lycopene juga sanggup menekan resiko terserang kanker prostat, payudara, paru-paru, uterus, dan kolon.

2. Potassium
Buah ini juga mengandung potassium tinggi yang sanggup mengurangi resiko serangan jantung, membantu menekan kolesterol, membantu peredaran darah dan menjaga detak jantung. Khusus pada performa tulang, potassium mempertahankan kalsium yang akan menjaga tulang-tulang Anda sehat dan kuat.

3. Vitamin C
Buah semangka mengandung Vitamin C tingkat tinggi. Karenanya, akan memperkuat sistem imun dan melindungi tubuh Anda dalam melawan radikal bebas. Vitamin C juga memiliki peran penting dalam proses penyembuhan luka.

4. Vitamin B 6
Buah semangka juga memiliki kandungan B6 yang cukup baik. Vitamin B6 sangat dibutuhkan untuk memproduksi beberapa zat kimia pada otak yang bisa mempengaruhi mood dan perilaku seseorang (serotonin, dopamine, neropinephrine dan gamma-amino butyric acid/GABA). Ketidakseimbangan akan hal-hal itu cenderung berujung pada mood yang labil, emosional, depresi dan resiko terkena penyakit Parkinson. Selain itu, B6 juga mampu menekan short-term memory, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh pelajar.

5. Antioksidan
Mengonsumsi banyak buah semangka baik untuk kesehatan mata. Hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan yang mencukupi seperti beta karotin, vitamin C, lutein dan zeaxanthine. 
Zat-zat tersebut akan melindungi mata Anda dari gejala-gejala yang berkaitan dengan faktor bertambahnya usia, seperti rabun senja dan glukoma.

6. Citrulline
Selain hal-hal di atas, menurut penilitian Univeritas A&M, citrulline pada semangka membantu melenturkan pembuluh darah. Hal itu merupakan reaksi yang sama, ketika seorang pria menggunakan Viagra.

Demikian uraian manfaat dan kandungan buah semangka bagi kesehatan tubuh, semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.