Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Gambar Produk 1
Jasa Desain Kaos, Desain Batik , LOGO dan desain grafis lainya
Email : mastertracer69@gmail.com

Makanan Minuman Yang Harus Dihindari Pada Masa Kehamilan

tips-hidup-sehat-ibu-hamil-hindari-makanan-yang-tidak-aman-dikonsumsi-pada-masa-kehamilan
Makanan Minuman Yang Harus Dihindari Pada Masa Kehamilan - Melanjutkan materi sebelumnya tentang tips bagaimana cara memilih menu makanan sehat ibu hamil serta yang dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil dan bayi yang dikandung.
Kali ini akan membahas jenis makanan yang tidak aman dimakan selama masa kehamilan ataupun makanan yang harus dihindari untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. 

Ada pantangan beberapa jenis makanan yang tidak boleh ( dilarang ) untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena beberapa makanan tidak aman ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan terutama untuk perkembangan janin bayi dalam kandungannya. Oleh karena itu Ibu hamil sangat perlu berhati-hati tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi makanan yang boleh dimakan selama kehamilan dan mana yang tidak boleh dan ibu hamil makanan berbahaya karena akan berakibat buruk bagi bayi maupun bagi kesehatan ibu hamil sendiri,

Saat ini banyak makanan yang mengandung zat - zat berbahaya seperti makanan yang mengandung formalin, borak serta zat pewarna pengawet yang berbahaya untuk dikonsumsi oleh kita apalagi makanan tersebut sampai dikonsumsi ibu hamil.

Berikut adalah beberapa pantangan atau larangan makanan yang harus dihindari atau dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil :

1. Alkohol

Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol dapat menyebabkan gangguan kesehatan terhadap janin bayi yang dikandung, akibat terburuk dari mengkonsumsi alkohol bisa menyebabkan kecacatan pada janin bayi .

2 Daging setengah matang

Daging, steak atau unggas yang dimasak setengah matang berisiko tinggi terkontaminasi dengan bakteri, seperti coliform, toksoplasmosis dan Salmonella. Selain itu, hati ternak tidak aman untuk dimakan selama kehamilan. Masaklah daging hingga benar-benar matang agar bakteri dalam makanan mati untuk menjaga kesehatan janin Anda. 

3. Produk susu yang tidak dipasteurisasi

Susu yang tidak dipasteurisasi dan semua produk susu lainnya yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi harus dihindari selama kehamilan. Hal ini karena produk tersebut mengandung jenis bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Keju juga harus dihindari karena membawa bakteri Listeria yang dapat menyebabkan keguguran.

4. Telur mentah dan setengah matang 

Anda membutuhkan protein dari telur, tetapi hindari makan telur yang dimasak setengah matang ketika hamil. Telur mentah dan setengah matang mengandung bakteri yang dapat membahayakan tubuh.Selain itu, Anda juga harus menghindari saus mayones karena mengandung telur mentah.

5. Kafein 

Konsumsi kafein selama kehamilan telah menjadi perdebatan apakah asupan sedang kafein baik-baik saja untuk ibu hamil atau tidak. Beberapa penelitian menyatakan bahwa konsumsi kafein dapat menyebabkan keguguran sementara yang lain mengatakan sebaliknya. Kafein juga dapat menghilangkan cairan dan kalsium dari tubuh, sehingga agar lebih aman, pilihlah konsumsi jus segar dan air mineral yang bersih daripada minum minuman berkafein.

6. Ikan tertentu karena kandungan merkuri yang tinggi 

Hindari konsumsi ikan seperti ikan kembung, king mackerel, hiu, dan jenis ikan lainnya yang mengandung merkuri tinggi. Merkuri dalam ikan dapat menyebabkan kerusakan otak.

7. Sayuran yang tidak dicuci 

Sayuran sangat penting bagi pekembangan janin dalam perut Anda, tetapi makan sayuran yang tidak dicuci terlebih dahulu atau makan sayuran mentah sebagai lalapan sangat berbahaya bagi kehamilan.
Demikian tips cara hidup sehat ibu hamil saat menghindari makanan yang tidak aman dikonsumsi pada masa kehamilan

Baca juga Artikel Menarik Lainnya

Cara memilih makanan sehat untuk ibu hamil dan janin bayi
Cara hindari makanan yang tidak aman dikonsumsi pada masa kehamilan
Cara mengajarkan anak belajar menggambar dan mewarnai di usia dini
Cara mengetahui tanda ciri-ciri fisik gejala kehamilan
tanda ciri-ciri cara mengetahui dan menghitung masa subur wanita agar cepat hamil
cara mengetahui jenis kelamin janin dalam kandungan
tata cara panduan senam hamil dan gerakan-gerakan senam ibu hamil
metode cara membuat hamil untuk mendapatkan anak laki-laki
tips agar cepat membuat hamil dan cara mendapatkan punya anak
Cara aman bepergian saat kondisi sedang hamil
Cara mengurus dan memandikan bayi dengan benar
Kumpulan nama bayi islami untuk anak perempuan beserta artinya
Cara menghadapi dan mengatasi anak balita yang mudah menangis
Manfaat gerakan senam hamil untuk memperlancar persalinan dan melahirkan
Manfaat yoghurt untuk kesehatan tubuh dan ibu hamil
tips cara membawa si kecil ke posyandu untuk di suntik imunisasi
Metode Pendidikan Cara Mendidik Anak yang Sholeh dan Cerdas Pintar secara islami
pertolongan pertama pada kecelakaan yang sering terjadi pada anak

Demikian Makanan Minuman Yang Harus Dihindari Pada Masa Kehamilan, semoga bermanfaat